Latest Post :
Home » , » Kurikulum MI Tarbiyatul Ulum

Kurikulum MI Tarbiyatul Ulum

Rabu, 01 Januari 2014 | 0 komentar

Struktur Dan Muatan Kurikulum

A.     Struktur Kurikulum
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa struktur dan muatan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada jenjang pendidikan dasar dan menengah meliputi komponen mata pelajaran, komponen muatan lokal dan komponen pengembangan diri sebagai berikut:
1.       Komponen Mata Pelajaran
a)         Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
b)         Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
c)         Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
d)         Kelompok mata pelajaran estetika;
Dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni.
e)         Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.
dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.
2.       Komponen Muatan Lokal
Muatan lokal dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas madrasah dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada.
3.       Komponen Pengembangan Diri
Pengembangan diri dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah.

Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, struktur Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan MI Tarbiyatul Ulum Jembrak adalah sebagai berikut.          

NO
Komponen
Alokasi Waktu KTSP MI
KELAS
1
2
3
4
5
6
A
Mata Pelajaran






1
Pendidikan Agama







a. Qur’an hadits
Pendekatan Tematik
2
2
2

b. Aqidah Akhlaq
2
2
2

c. Fiqh
2
2
2

d. SKI
2
2
2
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
5
5
6
4
Pendekatan TematikBahasa Arab
2
2
2
5
Matematika
6
6
6
6

Ilmu Pengetahuan Alam

5
6
5
7

Ilmu Pengetahuan Sosial

4
4
4
8
Seni Budaya dan Keterampilan
2
2
2
9
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
3
3
3
B
Muatan lokal :







a.  Bahasa Jawa 
2
2
2
2
2
2

b.  Bahasa Inggris
1
1
1
2
2
2

c.  Ke-NU-an



1
  1
1
C
Pengembangan Diri







a. Pramuka


2
2
2
2

b. Komputer



2
2
2

c. BTA
4
4
4
4
4
4
Jumlah
38
38
46
50
50
50
      Keterangan:
      1.   1 (satu) Jam pelajaran alokasi waktu 35 menit.
      2.   Kelas 1, 2, dan 3 pendekatan Tematik, alokasi waktu per mata pelajaran diatur sendiri oleh SD/MI.
3.   Kelas 4, 5, dan 6 pendekatan Mata Pelajaran.
4.   Sekolah dapat memasukan pendidikan yang berbasis keunggulan lokal dan global, yang merupakan bagian dari  mata pelajaran yang diunggulkan.
5.   Mengenai pembelajaran tematis sekolah dapat menentukan alokasi waktu permata pelajaran sedangkan dalam PBM menggunakan pendekatan tematis.
B.     Muatan Kurikulum

      Muatan KTSP meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan. Di samping itu materi muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri termasuk ke dalam isi kurikulum.
      Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan menegaskan bahwa kedalaman muatan kurikulum pada setiap satuan pendidikan dituangkan dalam kompentensi dalam setiap tingkatan dan/atau semester sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. kompetensi yang dimaksud terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar.

1.       Komponen Mata Pelajaran
a.       Pendidikan Agama  Islam (PAI)
Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan di MI Tarbiyatul Ulum Jembrak meliputi sub mata pelajaran :
(1)         Al Qur’an Hadits; Mata Pelajaran Al Qur’an – Hadist di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk memberikan kemampuan dasar kepada peserta didik dalam membaca, menulis, membiasakan dan menggemari Al Qur’an dan Hadist serta menanamkan pengertian, pemahaman , penghayatan isi kandungan ayat – ayat Al Qur’an – Hadist untuk mendorong, membina dan membimbing aklaq dan perilaku peserta didik agar berpedoman kepada dan sesuai dengan isi kandungan ayat – ayat Al Qur’an dan Hadist.
Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi :
a)    Pengetahuan dasar membaca dan menulis Al Qur’an
b)    Hafalan surat – surat pendek
c)    Pemahaman kandungan surat – surat pendek

d)    Hadist – hadist tentang kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturrahim, taqwa, menyayangi anak yatim, shalat berjamaah, ciri – ciri orang munafik dan amal shaleh.
(1)         Aqidah Akhlaq; Mata pelajaran ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlaqnya yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan  pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang aqidah dan akhlaq Islam
Ruang lingkup dari mata pelajaran ini meliputi :
a)       Aspek Keimanan
b)       Aspek Akhlaq
c)       Aspek Kisah Keteladanan
(2)         Fiqh; Mata pelajaran ini bertujuan bertujuan untuk membekali peserta didik  agar dapat mengetahui dan memahami pokok – pokok hukum Islam secara terperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan aqli, serta  melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum islam dengan benar.
Ruang lingkup mata pelajaran Fiqih meliputi eserasian, keselarasan, dan kesieimbangan antara :
a)       Hubungan manusia dengan Allah Swt
b)       Hubungan manusia dengan sesama manusia, dan
c)       Hubungan manusia dengan alam lingkungan

(3)         Sejarah Kebudayaan Islam. Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali  peserta didik dengan pengetahuan tentang sejarah dan kebudayaan  Islam, mendorongs peserta didik untuk mengambil ibrah, nilai dan makna yang terdapat dalam sejarah serta menanamkan penghayatan dan kemauan yang kuat untuk berklaq mulia berdasarkan cermatan atas fakta sejarah yang ada
Ruang lingkup mata peljara in meliputi :
Di tingkat Madrasah Ibtidaiyah dikaji tentang sejarah Arab pra Islam, sejarah Rasulullah saw dan al-Khulafaur Rosyidin
a.       Pendidikan kewarganegaraan.
Mata pelajaran ini bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta anti-korupsi, membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya, dan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia
Ruang lingkup mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan meliputi aspek-aspek sebagai berikut. :
1)       Persatuan dan Kesatuan bangsa,
2)       Norma, hukum dan peraturan,
3)       Hak asasi manusia .
4)       Kebutuhan  warga negara
5)       Konstitusi Negara
6)       Kekuasan dan Politik,
7)       Pancasila
8)       Globalisasi
b.      Bahasa Indonesia.
Mata pelajaran ini bertujuan untuk bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis, memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan, menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan  intelektual, serta kematangan emosional dan sosial, memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa dan menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)      Mendengarkan
2)      Berbicara
3)      Membaca
4)      Menulis.
c.       Bahasa Arab.
Mata pelajaran Bahasa Arab bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik berkomunikasi dalam bahasa tersebut, dalam bentuk lisan dan tulis, memanfaatkan bahasa Arab untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam dan mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antar bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya..
Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab ini meliputi :
1)       Kemampuan berkomunikasi yang meliputi mendengarkan (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2)       Kemampuan gramatika  (Nahwu dan Sharf)
d.      Matematika.
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah, Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika, Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh serta mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah
Ruang lingkup Mata Pelajaran Matematika meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)       Bilangan
2)       Geometri dan pengukuran
3)       Pengolahan data.
e.       Ilmu Pengetahuan Alam.
Mata pelajaran ini bertujuan untuk membekali peserta didik memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mengembangkan rasa ingin tahu, sikap positip  dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan,  teknologi dan masyarakat, mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
Ruang Lingkup bahan kajian IPA I meliputi aspek-aspek berikut.
1)       Makhluk hidup dan proses kehidupan,
2)       Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya
3)       Energi dan perubahannya
4)       Bumi dan alam semesta
f.        Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata pelajaran ini bertjuan untuk agar peserta didik memiliki kemampuan mengenal  konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan  masyarakat dan lingkungannya, Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial dan Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerjasama
Ruang lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)      Manusia, Tempat, dan Lingkungan         
2)      Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3)      Sistem Sosial dan Budaya
4)      Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
g.       Seni dan Budaya
Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan, menumbuhkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
Ruang lingkup Mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)      Seni rupa,
2)      Seni musik
3)      Seni tari,
4)      Seni drama,
5)      Keterampilan,.
h.       Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan
Mata pelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar, mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggungjawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis dan memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Ruang lingkup mata pelajaran Pendiidikan Jasmani, Olahraga dan  Kesehatan meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1)      Permainan dan olahraga
2)      Aktivitas pengembangan
3)      Aktivitas senam
4)      Aktivitas ritmik
5)      Aktivitas air
6)      Kesehatan,.
1.       Kompenen Muatan lokal
Pengembangan muatan lokal di MI Tarbiyatul Ulum Jembrak didasarkan pada Kebijakan Gubernur Jawa Tengah, kebijakan Kandepag Kabupaten Semarang dan hasil rapat internal Komite MI Tarbiyatul Ulum Jembrak Atas dasar  beberapa aturan tersebut muatan lokal yang dikembangkan oleh MI Tarbiyatul Ulum Jembrak terdiri atas mata pelajaran sebagai berikut :
a.       Bahasa Jawa.
Mata pelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan apresiasi terhadap bahasa dan budaya Jawa Tengah, mengenalkan identitas masyarakat Jawa Tengah dan  menanamkan kecintaan pada bahasa dan budaya Jawa Tengah. Ruang   lingkup mata pelajaran ini adalah
1)       Kemampuan berkomunikasi yang meliputi mendengarkan (ngrungokake), berbicara (guneman), membaca (maca), dan menulis (nulis).
2)       Kemampuan menulis huruf jawa
b.       Ke-NU-an
Mata pelajaran ini bertujuan untuk menjaga keutuhan dan kelestarian nilai-nilai ASWAJA yang sudah dirumuskan oleh para pendiri Nahdhatul Ulama supaya tradisi keagamaan di masyarakat tetap berkembang dengan baik. Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi pemahaman terhadap akidah Ahlussunnah Waljamaah yang meliputi prinsip-prinsip tasamuh, tawashuth, tawazun dan i’tidal.
c.       Bahasa Inggris
Mata pelajaran ini bertujuan membina keterampilan berbahasa dan berkomunikasi secara lisan dan tulisan untuk memperrsiapkan siswa menghadapi perkembangan IPTEKS dalam menyongsong era globalisasi. Ruang lingkup  mata pelajaran ini adalah :
1)       Mendengarkan (listening)
2)       Berbicara (speaking)
3)       Membaca (reading)
4)       Menulis (writing)
2.       Komponen Pengembangan Diri
Pengembangan diri adalah kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Bentuk kegiatan pengembangan MI Tarbiyatul Ulum Jembrak berupa :
a.            Baca Tulis Al Qur’an. bertujuan untuk mengenalkan keterampilan membaca dan menulis Al qur’an sejak usia dini, menumbuhkan kecintaan dan kegemaran untuk membaca Alqur’an. Ruang lingkup mata pelajaran ini meliputi pengenalan huruf hijaiyah dan tanda baca, pelatihan membaca huruf hijaiyah yang dipisah maupun disambung, pengenalan bacaan-bacaan tajwid dalam Al Qur’an dan pengenalan bacaan-bacaan gharib dalam Al Qur’an
b.            Shalat Dhuha dan Dhuhur Berjama’ah, bertujuan untuk mengenalkan pelaksanaan ibadah shalat dan menanamkan kecintaan untuk menjaga shalat  fardhu Ruang lingkupnya adalah pembiasaan Shalat Dhuha dan Shalat Dhuhur secara berjama’ah
c.            Tadarus Al Qur’an, bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap al Qur’an dan membiasakan siswa untuk agar senantiasa membaca Al Qur’an. Ruang lingkupnya adalah pembiasaan membaca Al Qur’an setiap hari
d.            Layanan Bimbingan dan Konseling, bertujuan untuk  memberikan layanan konseling kepada peserta didik di lingkungan madrasah. Ruang lingkupnya meliputi :
(1)     layanan orientasi pengenalan lingkungan madrasah
(2)     layanan bimbingan belajar,
(3)     layanan konseling kesulitan belajar dan masalah pribadi siswa,
e.            Kepramukaan, bertujuan untuk melatih siswa agar terampil dan mandiri, menanamkan sikap peduli terhadap orang lain, melatih agar mampu bekerja sama dengan orang lain, menanamkan sikap disiplin, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya adalah
(1)     keterampilan personal
(2)     Keterampilan sosial
(3)     Keterampilan vokasional sederhana
Ø  Jadwal dan Alokasi Waktu
NO
KEGIATAN
HARI
WAKTU
KETER
1.
Layanan Bimbingan  Konseling
Senin - Sabtu
07.30 – 13.00
ekuivalen dengan 2 jam pelajaran (2 x 35 menit)
2.
Tadarus Al Qur’an
Senin - Sabtu
07.00 – 07.15
3.
shalat Dhuha berjama’ah
Senin - Kamis
09.35 – 10.05
4
Baca Tulis Alqur’an
Senin – Kamis
12.25 – 13.00
5.
Shalat Dhuhur berjama’ah
Senin - Kamis
13.00 – 13.15
6.
Komputer
Senin, Selasa, Kamis
13.15 – 14.25
7.
Kepramukaan
Sabtu
11.00 – 12.10
Ø   Penilaian Kegiatan Pengembangan Diri.
Penilaian Kegiatan Pengembangan diri  dilakukan dengan pendekatan kulitatif dengan rentang sebagai berikut :
Kategori Nilai
Keterangan
A
Sangat Baik
B
Baik
C
Cukup
D
Kurang

3.       Pembiasaan Terprogram
      Merupakan proses pembentukan akhlaq dan penanaman/ pengamalan ajaran Islam.
            Adapun kegiatan pembiasaan meliputi:
a.       Kegiatan Keagamaan
1.1 Pesantren Ramadhan
                  1.2 Pembagian Zakat Fitrah
                  1.3 Pelaksanaan Mujahadah menghadapi Ujian Akhir Madrasah
                  1.4 Peringatan Hari Besar Islam
b.      Kegiatan Keteladanan
1)       Pembinaan Ketertiban Pakaian Seragam Anak Sekolah (PSAS)
2)       Pembinaan Kedisiplinan
3)       Penanaman Nilai Akhlak Islami
4)       Penanaman Budaya Minat Baca
5)       Penanaman Budaya Keteladanan
a)       Penanaman Budaya Bersih Diri
b)       Penanaman Budaya Bersih Lingkungan Kelas dan Sekolah
c)       Penanaman Budaya Lingkungan Hijau
c.       Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme
1)       Peringatan Hari Kemerdekaan RI
2)       Peringatan Hari Pahlawan
3)       Peringatan Hari Pendidikan Nasional
4)       Peringatan Hari Kartini
d.      Pekan Kreativitas Siswa
      Lomba Kreativitas dan Karya Cipta
e.       Pembinaan dan Bimbingan bagi Calon Siswa Teladan dan Siswa Peserta Olimpiade MIPA
f.        Outdoor Learning & Training
Outbound, Study Tour
A.     Pengaturan Beban Belajar
      Beban belajar yang digunakan adalah system paket sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum, yaitu:         

Kelas
Satu Jam Pembelajaran Tatap Muka/Menit
Jumlah jam pembelajaran
Per-minggu
Minggu Efektif Per-tahun Ajaran
Waktu Pembelajaran/Jam Per-tahun
1
35
38
37
1406
2
35
38
37
1406
3
35
46
37
1702
4
35
50
37
1850
5
35
50
37
1850
6
35
50
37
1850
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Original Template | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. MI TARBIYATUL ULUM MENCETAK GENERASI SUKSES
Modifikasi Tampilan Oleh Pangeran Yayan Putra
Proudly powered by Kang Blogger