Latest Post :
Home » » PROFIL MI TARBIYATUL ULUM

PROFIL MI TARBIYATUL ULUM

Jumat, 24 Januari 2014 | 0 komentar

Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari sentralisasi ke desentralisasi mendorong terjadinya perubahan dan pembaruan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk kurikulum. Dalam kaitan ini kurikulum sekolah dasar pun menjadi perhatian dan pemikiran-pemikiran baru, sehingga mengalami perubahan-perubahan kebijakan.
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 Ayat (2) ditegaskan bahwa kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Atas dasar pemikiran itu maka dikembangkanlah apa yang dinamakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia  Nomor 19 tahun 2005 bahwa Kurikulum Satuan Pendidikan pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan dari Badan Standar Nasional Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ulum Jembrak dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah dibawah koordinasi dan suvervisi Kementerian Agama Kabupaten Semarang, serta dengan bimbingan nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran. Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut;
1.      berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;
2.      beragam dan terpadu;
3.      tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
4.      relevan dengan kebutuhan kehidupan;
5.      menyeluruh dan berkesinambungan;
6.      belajar sepanjang hayat; dan
7.      seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.


Pada akhirnya kurikulum ini tetap hanya sebuah dokumen, yang akan menjadi kenyataan apabila terlaksana di lapangan dalam proses pembelajaran yang baik. Pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas, hendaknya berlangsung secara efektif yang mampu membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak. Dalam hal ini para pelaksana kurikulumlah (baca: guru) yang akan membumikan kurikulum ini dalam proses pembelajaran. Para pendidik juga hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bagi anak, sehingga anak betah di sekolah. Atas dasar kenyataan tersebut, maka pembelajaran di sekolah dasar hendaknya bersifat mendidik, mencerdaskan, membangkitkan aktivitas dan kreativitas anak, efektif, demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan. Dengan spirit seperti itulah kurikulum ini akan menjadi pedoman yang dinamis bagi penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ulum Jembrak.

VISI
Terwujudnya Lulusan yang Beriman, Bertaqwa, Berakhlaqul Karmah, Berpengetahuan, dan Terampil
 
MISI
1.   Memberikan pendidikan keagamaan yang secara optimal dengan pendekatan kesadaran.
2.   Membudayakan kesdisiplinan.
3.   Menanamkan kesadaran menuntut ilmu sebagai cermin generasi Islami.
4.   Membekali siswa dengan pengetahuan dan ketrampilan yang berguna dimasyarakat.
5.   Mendidik siswa kreatif dalam berfikir dan bekerja untuk masa depan.



TUJUAN

Meningkatkan keimanan, kecerdasan,pengetahuan, kepribadian akhlaqul karimah, serta ketrampilan untuk hidup mandiri, dan mampu mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya

KURIKULUM
MI Tarbiyatul Ulum menerapkan kurikulum KTSP, dengan memadukan antara standard isi BNSP (Badan Nasional Standard Pendidikan)  dengan Kurikulum Kementerian Agama (Mapel Agama), serta  mengembangkan kurikulum lokal dan kurikulum unggulan. Kini tengah dalam persiapan penerapan kurikulum 2013.

PROGRAM TAMBAHAN
Sholat Dhuha,  Hafalan Surat pendek Juz 30, Tartil Baca Al-Qur’an (TBA)


KEGIATAN EKSTRA
Pramuka dan Teknologi Informatika


MATERI PELAJARAN
Agama : Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih, Sejarah      
               Kebudayaan Islam.
Umum : PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, Matematika, IPA, IPS, SBK dan PJOK.
Mulok : Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris, Aswaja

Filedtrip ke Pabrik Tahu
Filedtrip ke Pabrik Tahu

Tujuan :

Peserta didik terampil melaksanakan sholat dengan baik dan benar.
Peserta didik mampu membaca Al-Qur’an dengan Tartil dan Lancar.
Peserta didik mampu mengikuti kemajuan teknologi informatika dasar.

    
Target :
Melaksanakan Sholat dengan tertib.
Khotam Al-Qur’an 30 Juz binnadhor.
Hafal Surat-surat pendek.
Mampu mengoperasikan computer.

FASILITAS

a.    Gratis 1 stel seragam merah putih bagi siswa baru kelas satu.
b.    Ruangan lab computer.
c.     Perpustakaan
d.    Beasiswa bagi siswa yang kurang mampu.
e.     Ruangan belajar yang nyaman dan memadai.
f.     Lingkungan sekolah yang sejuk karena terletak di lokasi alami.
Tidak dipungut biaya sekolah / gratis.



Gedung yang represntatif



Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Original Template | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. MI TARBIYATUL ULUM MENCETAK GENERASI SUKSES
Modifikasi Tampilan Oleh Pangeran Yayan Putra
Proudly powered by Kang Blogger