Latest Post :

Aplikasi Penilaian KI-3 Kurikulum 2013 Kelas IV

Minggu, 26 Oktober 2014 | 0 komentar














Dalam rangka membantu guru kelas IV memasukkan nilai ke dalam Daftar nilai harian hingga menjadi nilai rapot di sini kami bantu dengan aplikasi sederhana dengan menggunakan office excel. Ada beberapa penjelasan dari aplikasi berikut ini :
  1. Aplikasi penilaian ini sudah terintegrasi mulai dari penilaian sub tema hingga menjadi nilai rapot. Sehingga ketika Anda memasukkan nilai pada KD yang muncul lebih dari satu kali otomatis nilai akhir yang keluar merupakan nilai rata-rata KD tersebut.
  2. Dalam rekap nilai setiap sub tema maupun rekap nilai harian Anda akan menemukan istilah N1, N2, dan N3. N1 adalah nilai Ulangan Harian. N2 adalah Nilai Tugas dan N3 adalah Nilai PR. Saya sengaja member kolom tersebut untuk memberikan ruang bagi guru yang memberi tugas dan PR pada siswa dan nilai tugas dan PR tesebut digunakan sebagai evaluasi. Namun bagi guru yang tidak memberikan nilai tugas atau PR pada N2 dan N3 bisa Anda kosongi.
Continue Reading

Panduan Teknik Penilaian dan Penulisan Rapot Kurikulum 2013 MI/SD

Kamis, 23 Oktober 2014 | 0 komentar

Guru kelas I dan Kelas IV MI/SD masih banyak yang mengalami kesulitaan dalam melakukan penilaian siswa-siswanya. Karena sistem penilaian pada kurikulum 2013 ini menggunakan pendekatan Kompetensi Dasar (KD). Jadi nilai yang diolah oleh guru adalah capaian siswa berdasarkan KD mata pelajaran tersebut. Sehingga guru harus tahu cara yang benar untuk mengevaluasi siswanya. Maka dalam melaksanakan Ulangan Haria UTS maupun UAs guru harus tahu dan mampu membuat kisi-kisi berdasarkan penyebaran KD setiap mata pelajaran dalam setiap tema yang diajarkan. Kemudian perlu diketahui juga jika rapot kurikulum 2013 ini sudah tidak berbentuk angka. Namun harus berbentuk deskripsi sesuai capaian belajar siswa tersebut
Continue Reading

Contoh Penilaian pada Proses Pembelajaran

Rabu, 22 Oktober 2014 | 0 komentar

Berikut ini kami berikan contoh penilaian dalam satu kali pembelajaran. Dalam hal ini contohnya adalah pada Pembelajaran Kelas IV Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Sub tema 1 : Hewan dan Tumbuhan di Sekitar Rumahku Pembelajaran 1.


File dalam format Excel : download

Continue Reading

PEDOMAN PENILAIAN GURU PART 1

Kamis, 09 Oktober 2014 | 0 komentar

PEDOMAN PENILAIAN GURU

Pada evaluasi penilaian Kurikulum 2013 berbeda dengan kurikulum sebelumnya. Pada kurikulum 2013 ini guru di tuntut harus lebih teliti dalam menilai. Penilaian yang dilaksanakan harus berdasarkan KD setiap mata pelajaran yang di ujikan. Maka berikut panduan singkat bagaimana menyusun nilai UH, UTS, atau UAS.
     1.    Dalam membuat soal ujian guru perlu memetakan KD yang akan di ujikan terlebih dahulu.
Contoh :
Mata Pelajaran IPA Tema 1 : Indahnya Kebersamaan.



1     2.    Guru menuliskan soal dalam Ulangan Harian, UTS, atau UAS.
       Contoh :
1.    Bunyi pantul yang datang sebelum bunyi asli disebut ....
A.    gaung
B.    gema
C.    auman
D.   teriakan
2.    Benda-benda di bawah ini yang dapat menyerap bunyi adalah ....
A.    besi
B.    goni
C.    batu
D.   aluminium
3.    Guru menilai hasil pengerjaan siswa. Pedoman penilaiannya adalah sebagai berikut :
        Contoh :


    4.    Selanjutnya guru dapat memasukkan nilai pada daftar nilai.
     Contoh :

DARTAR NILAI SISWA
MI TARBIYATUL ULUM JEMBRAK PABELAN
MATA PELAJARAN : IPA

NO
NAMA
TEMA 1
KD
3.5
3.4
3.3
3.2
1.
Asmiq Dwi Berlian
100



2.
Abyan Sadad
50



3.
Wahyu Listianingrum
100



4.
Dhini Rahma Arunita
100



5.
Ida Novia Fitriati
50



6.
M. Kurniawan
100



7.
M.  Ibnu Rafi
50



Dst.






Demikian Pedoman Penilaian Guru ini kami buat agar bisa jadi referensi bagi yang membutuhkan. Atas perhatian dan sarannya kami sampaikan terima kasih. Hehe
[INI MASIH PART 1 SILAHKAN TUNGGU UNTUK YANG UTS DAN UAS SERTA CONTOH SEMUA MAPEL BAHKAN SAMPAI MEMASUKKANNYUUUAAA KE DALAM RAPORT]

Jembrak, 9 Oktober 2014


ttd
Sriyanto, S.Pd.I
Continue Reading

LOMBA KREATIVITAS GURU MI KABUPATEN SEMARANG 2014

Selasa, 07 Oktober 2014 | 0 komentar



LOMBA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
KABUPATEN SEMARANG
TAHUN 2014

A.   LATAR BELAKANG
Pengembangan sumber daya manusia merupakan prioritas pembangunan nasional, dimana guru menjadi salah satu kunci utamanya. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional diharapkan dapat mengembangkan potensi peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Guru profesional adalah mereka yang dapat mengantarkan peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memasuki abad 21 yang kompetitif.
Continue Reading

Bermain dan Belajar itulah Kami. (gaya gesek)

Kamis, 02 Oktober 2014 | 0 komentar

Hari ini tema kelas IV adalah masih tentang Selalu Berhemat Energi. Kesempatan kali ini kamu belajar tentang gaya gesek yang ada di sekitar kehidupan kita sehari-hari. Untuk memahami gaya gesek dengan mudah dan gamblang kami lakukan permainan kelereng. Permainan ini kami lakukan di dua tempat berbeda yaitu di tanah berpasir dan di lantai. Setelah kurang lebih 30 menit bermain kami bisa merasakan perbedaannya. Ketika kami main di tanah berpasir gerak kelereng kami sangat sulit dan tidak bergerak jauh. Ketika kami main di lantai gerak kelereng sangat mudah dan sangat jauh walaupun kami "nyentil"nya pelan.
Pak Yanto, guru tercinta kami bilang jika itu semua disebabkan oleh gaya gesek yang berbeda di tanah berpasir dan lantai. Pak Yanto bilang "Kalau kalian main di tanah berpasir kelereng kalian tidak bergerak jauh karena gaya geseknya sangat besar sehingga kelereng sulit bergerak dan tidak jauh 'menggelinding'nya
Kemudian kalau kalian main di lantai gerak kelereng akan mudah dan cepat karena gaya gesek kelereng dengan lantai lebih kecil dibanding gaya gesek kelereng dengan tanah berpasir."
Bermain Kelereng di tanah berpasir

Bermain kelereng di tanah berpasir 2

Bermain kelereng di lantai
Kemudian untuk menambah pemahaman kami Pak Yanto meminta kami menjawab soal.
1. Gaya apa yang terlibat saat kalian bermain kelereng tadi?
2. Bagaimana pergerakan kelereng saat kalian bermain di tanah berpasir?
3. Bagaimana pergerakan kelereng saat kalian bermain di lantai?
4. Sebutkan 5 kegiatan sehari-hari yang melibatkan gaya gesek!

Jawab
1. Gaya dorong (saat kami "mengentel" kelereng)
    Gaya gesek (saat kelereng menggelinding)
    Gaya tarik (saat kelereng mantul di lantai -ditarik gravitasi-)
2. Sulit bergerak. Karena banyak tanah dan pasir yang menghalangi.
3. Sangat mudah dan cepat. Karena lantai licin
4. a. Mencuci wajan (gesekan antara wajan dengan kosok wajan)
    b. Menggoreng (gesekan antara wajan dengan solet)
    c. Mencuci baju (gesekan antara baju dengan sikat)
    d. Gosok gigi (gesekan antara gigi dengan sikat gigi)
    e. Menyetrika (gesekan setrika dengan baju)
    f. Berjalan (gesekan antara sandal/sepatu dengan lantai)
    g. Ban berputar (gesekan antara ban dengan aspal)
Maksud Pak Guru ternyata adalah agar kami bisa membuat laporan menggunakan kata baku dari kegiatan yang sudah kami lakukan (BAHASA INDONESIA)

Pak Guru kami sangat kreatif. Setelah kami paham dengan konsep tersebut kami di minta untuk membuat mobil-mobilan untuk membuktikan gesekan ban dengan jalan. Ternyata di sini kami belajar juga dengan KETERAMPILAN. Kami sangat senang sekali dengan belajar hari ini. Besok-besok lagi ya Pak Yanto.





Continue Reading
 
Support : Original Template | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. MI TARBIYATUL ULUM MENCETAK GENERASI SUKSES
Modifikasi Tampilan Oleh Pangeran Yayan Putra
Proudly powered by Kang Blogger